Siap Ramaikan Pasar UMKM, Mahasiswa KKN Undip 2024 Berikan Pendampingan Pembuatan Abon Lele Sebagai Produk Unggulan Desa Bulu

  • Aug 14, 2024
  • Admin Desa Bulu
  • KEGIATAN

Batang (3/8), Mahasiswa KKN Tim II Undip Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan, Sri Dewi Anggraeni melakukan kegiatan pendampingan pembuatan abon lele khas Desa Bulu. Pendampingan dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan produk inovatif yang tidak hanya meningkatkan nilai jual ikan lele tetapi juga membuka peluang pasar yang lebih luas.

Desa Bulu dikenal dengan potensi sumber daya alamnya, khususnya dalam budidaya ikan lele. Namun, pemanfaatan hasil budidaya tersebut dalam bentuk produk bernilai tambah masih minim. Sebagai upaya untuk memaksimalkan potensi lokal, mahasiswa KKN TIM 2 Undip mengambil inisiatif untuk membantu UMKM desa mengembangkan produk abon lele yang memiliki kualitas dan daya saing tinggi. Tujuan dari kegiatan ini yaitu mengoptimalkan potensi lokal, meningkatkan keterampilan produksi, dan mempersiapkan UMKM menghadapi tantangan pasar.Proses pendampingan yang dilakukan diawali dengan Tim mahasiswa KKN melakukan analisis kebutuhan UMKM di Desa Bulu, termasuk potensi produk dan kendala yang dihadapi. Hasil dari analisis ini akan membantu dalam memahami latar belakang dan kapasitas yang ada, sehingga bimbingan yang diberikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik desa.

Proses pembuatan abon lele dilaksanakan di rumah Ibu Ketua PKK Desa Bulu pada hari Sabtu, 3 Agustus 2024 yang dihadiri oleh anggota PKK Desa Bulu. Mahasiswa KKN Tim II Undip memberikan pendampingan mengenai teknik pembuatan abon lele. Pendampingan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari teknik pengolahan lele yang berkualitas, resep dan formulasi abon yang sesuai dengan selera pasar, hingga teknik pengemasan yang menarik dan aman. Pendampingan ini bertujuan untuk memastikan produk akhir memiliki kualitas yang konsisten dan dapat diterima di pasar.

Kolaborasi antara mahasiswa KKN TIM 2 Undip dan PKK Desa Bulu dalam pembuatan abon lele telah berhasil menciptakan produk unggulan yang siap bersaing di pasar. Pendampingan ini tidak hanya meningkatkan kualitas produk tetapi juga membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat desa. Inisiatif ini menyoroti potensi kolaborasi antara lembaga pendidikan dan masyarakat dalam pengembangan UMKM dan menunjukkan bagaimana dukungan akademik dapat berdampak langsung pada pemberdayaan ekonomi lokal.

 

Penulis : Sri Dewi Anggraeni (26010121120025)

DPL    : Eva Annisaa’, S.Farm., Apt., M.Sc

Editor  : KHOIRUL UMAM, A.Ma.Pust