Mahasiswa KKN Undip kembangkan UMKM Desa Bulu melalui Pelatihan Pengenalan Hak Merek Dagang

  • Aug 16, 2024
  • Admin Desa Bulu
  • POTENSI DESA

Batang (7/8). Mahasiswa KKN Undip yang tengah bertugas di desa ini melihat peluang untuk lebih memberdayakan para pelaku UMKM dengan meningkatkan pemahaman mereka tentang hak merek dagang. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi para UMKM Desa Bulu untuk melindungi produk-produk unggulan mereka dan meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif.

Gilar Adi Nugroho mahasiswa Fakultas Hukum, sebagai salah satu Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) membuat program kerja monodisiplin untuk memberdayakan UMKM lokal salah satunya adalah Susu Kambing Etawa yang dimana produk produk dari UMKM tersebut sangat sangat inovatif dan jarang sekali dijumpai di daerah daerah seperti ini, produk yang dihasilkan berupa es krim dari susu kambing etawa, susu kambing etawa gula aren yang memiliki rasa yang sangat jarang sekali ditemukan, serta terdapat peternakan kambing etawa yang berisi 50 ekor kambing etawa dengan berbagai jenis dan di breeding sendiri oleh pemilik yaitu Pak Iswadi. 

Output dari program monodisiplin tersebut adalah pemahaman terkait hak merek dagang, pembuatan akun pendaftaran merek dagang di website dgip.id dan poster alur pendaftaran hak merek dagang guna memberikan pemahaman terkait tata cara melakukan pendaftaran Hak Merek. Dengan semakin banyaknya UMKM Desa Bulu yang memiliki merek dagang yang terdaftar, diharapkan produk-produk lokal semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat luas.

Penulis : Gilar Adi Nugroho (11000121140575)

DPL : Eva Annisaa’, S.Farm., Apt., M.Sc

Editor : Khoirul Umam, A.Ma.Pust