Pendidikan Anti Korupsi: Langkah Awal Menuju Generasi Emas Generasi Anti Korupsi

  • Aug 14, 2024
  • Admin Desa Bulu
  • KEGIATAN

Batang (27/7). Aisyah Rifdah Rellya, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Administrasi Publik, sebagai salah satu Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya anak remaja mengenai Pendidikan Anti Korupsi di MTs NU 01 Banyuputih. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang korupsi dan menanamkan nilai-nilai anti-korupsi, program kerja ini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai moral yang bisa membuat para siswa terhindar dari praktik korupsi di masa yang akan mendatang sehingga bisa memutus rantai korupsi yang sudah lama merajalela di Indonesia. Kegiatan dimulai dengan menjelaskan konsep korupsi, jenis-jenis korupsi. Setelah itu, dijelaskan juga dampak dari korupsi dengan membuat perumpamaan yang dekat dengan kehidupan para siswa dan dilanjutkan dengan dampak yang bisa mempengaruhi masyarakat bahkan negara. Materi berikutnya yang juga menjadi materi inti dalam kegiatan ini adalah menjelaskan nilai-nilai anti korupsi dan memberikan contoh dari tiap-tiap nilai. 

Salah satu output yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah pembuatan leaflet dan poster yang mengedukasi para siswa tentang konsep korupsi dan nilai-nilai anti korupsi. Materi dalam leaflet mencakup pengertian korupsi, jenis-jenis korupsi, dampak dari korupsi, dan nilai-nilai anti korupsi yang harus dimiliki oleh para siswa. Selain pemberian materi, kegiatan  ini juga diisi dengan diskusi interaktif. Melalui diskusi interaktif yang melibatkan para siswa, Aisyah Rifdah berharap dapat mengajak mereka untuk berpikir kritis tentang tindakan korupsi dan dampaknya. Respon dari para siswa terhadap kegiatan ini sangat positif. Mereka terlihat antusias selama kegiatan berlangsung dan aktif berpartisipasi dalam diskusi. Aisyah Rifdah juga mengedukasi mereka tentang pentingnya generasi yang bersih dari korupsi, sehingga diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik dan berkeadilan di masa depan.

Dengan berakhirnya kegiatan KKN ini, Aisyah Rifdah selaku penyelenggara program pendidikan anti korupsi ini berharap pesan-pesan yang disampaikan dapat terus bergema di antara para siswa dan menciptakan generasi yang lebih peduli terhadap isu-isu sosial, khususnya korupsi. Aisyah Rifdah percaya bahwa upaya ini adalah langkah awal untuk menciptakan budaya integritas yang lebih kuat di lingkungan mereka. Melalui pendidikan yang berkesinambungan, Aisyah Rifdah berharap generasi mendatang akan lebih memiliki kesadaran untuk berperilaku jujur, bertanggung jawab, sehingga dapat berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang lebih baik dan bebas dari korupsi.

Penulis : Aisyah Rifdah Rellya (14020121140130)
DPL : Eva Annisaa’, S.Farm., Apt., M.Sc
Editor : Khoirul Umam, A.Ma.Pust