Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2024 Berikan Pencerdasan Mengenai Hoax Untuk Menjadikan Masyarakat Cerdas, Desa Kuat: Menghadang Hoax dan Literasi Digital di Desa Bulu

  • Aug 15, 2024
  • Admin Desa Bulu
  • KEGIATAN

Batang (8/8). Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Komunikasi, Dwi Nov Adiyani sebagai salah satu anggota Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) Tahun 2023/2024 di Desa Bulu, menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan ibu-ibu PKK Desa Bulu melalui pencerdasan “Gerakan Anti Hoax dan Literasi Media Digital”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai bahaya informasi hoax yang mereka dapatkan saat bermain sosial media seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, atau TikTok. Melalui program ini diharapkan dapat memberi arahan kepada ibu-ibu PKK untuk lebih berhati-hati dalam berjelajah di media digital.

Acara dimulai dengan pembukaan dari pembicara, Dwi Nov Adiyani, yang menjelaskan pentingnya gerakan ini dalam menghadapi tantangan era digital. "Di era di mana informasi dapat tersebar dengan sangat cepat, penting bagi kita untuk bisa memilah dan memahami mana informasi yang benar dan mana yang hoax. Literasi media digital menjadi kunci untuk menciptakan masyarakat yang cerdas dan kritis," ujarnya.

Kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi oleh Dwi Nov Adiyani dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro, yang membahas cara mengidentifikasi berita hoax serta dampak negatifnya terhadap individu, masyarakat, dan sosial-politik. Dwi Nov juga memberikan tips dan trik untuk memverifikasi informasi yang beredar di media sosial.

"Hoax tidak hanya menyesatkan, tetapi juga bisa memicu ketakutan, konflik, dan ketidakpercayaan di masyarakat. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam menyaring informasi," jelas Dwi Nov.

Setelah sesi pemaparan, kegiatan ini diakhiri dengan ibu-ibu PKK diajak untuk menyuarakan Gerakan Anti Hoax dan Literasi Media Digital dengan tagline “saring sebelum sharing”. Pada sesi ini menggambarkan bahwa ibu-ibu PKK Desa Bulu memiliki kemauan untuk mengikuti gerakan ini dalam menhindari informasi hoax di media sosial.

"Kami berterima kasih kepada mahasiswa KKN Universitas Diponegoro yang telah mengadakan kegiatan ini. Ini adalah langkah yang sangat baik untuk membuat masyarakat desa lebih waspada dan cerdas dalam menghadapi informasi yang beredar," ujar Ibu Sri Komah, Ibu Lurah Desa Bulu.

 

Penulis: Dwi Nov Adiyani (Ilmu Komunikasi/14040121120040)

DPL: Eva Annisaa', S.Farm., Apt., M.Sc.

Editor  : Khoirul Umam, A.Ma.Pust

Lokasi KKN: Desa Bulu, Kec. Banyuputih, Kab. Batang