Langkah Kecil, Percaya Diri Besar: Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2024 Berikan Pelatihan Public Speaking untuk Siswa SD Negeri 02 Bulu

  • Aug 15, 2024
  • Admin Desa Bulu
  • KEGIATAN

Batang (14/8). Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Komunikasi, Dwi Nov Adiyani sebagai salah satu anggota Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) Tahun 2023/2024 di Desa Bulu, menyelenggarakan kegiatan pelatihan siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 02 Bulu pada kelas 5 dan 6 melalui “Pelatihan Komunikasi Public Speaking Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri dan Keterampilan Presentasi”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar-dasar kemampuan berbicara di depan umum. Melalui program ini diharapkan dapat menambah ilmu dan kemampuan mengenai pentingnya percaya diri dan berani ketika berbicara di depan umum.

Pembicara pelatihan public speaking, Dwi Nov, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membangun kepercayaan diri anak-anak dalam berbicara di depan umum sejak dini. "Saya ingin membantu adik-adik di sini untuk lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat mereka, baik di kelas maupun dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan ini akan sangat berguna bagi mereka di masa depan seperti SMP, SMA, bahkan dunia perkuliahan," ujar Dwi Nov.

Pelatihan ini dirancang khusus untuk anak-anak dengan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Materi yang diberikan meliputi pengenalan dasar-dasar public speaking, seperti cara mempersiapkan materi yang akan disampaikan, cara menyampaikan dengan percaya diri, dan bagaimana menutup presentasi dengan baik.

Dalam salah satu sesi, mahasiswa KKN memperkenalkan "cara mengatasi rasa takut dan gugup" yang mudah dipahami oleh anak-anak. Dengan metode ini, peserta diajarkan bagaimana mengatasi rasa takut dan gugup saat melakukan berbicara di depan orang banyak.

"Kakak selalu melakukan cara latihan dengan berbicara di depan cermin sebelum berbicara di depan banyak orang. Hal ini bertujuan untuk melatih keberanian dan mengetahui wajah kakak ketika berbicara di depan umum”. Kata Dwi Nov.

Setelah materi disampaikan, anak-anak diberikan kesempatan untuk mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari dengan berbicara maju ke depan kelas. Praktek sederhana ini sangat menarik minat mereka dalam memncoba hal yang baru, namun hanya dua orang anak saja yang memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan public speaking mereka. Kedua siswa tersebut diminta untuk memperkenalkan diri dan bercerita singkat tentang pentingnya persahabatan dan bagaimana menjalin persahabatan. Walaupun kedua anak tersebut awalnya tampak gugup, dengan dukungan dari teman-teman dan Kak Dwi Nov sebagai mentor membuat mereka lebih percaya diri.

Wali kelas 6 SD N 02 Bulu, Ibu Ellen, mengapresiasi inisiatif mahasiswa KKN dalam memberikan pelatihan public speaking kepada anak-anak. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat penting untuk membentuk motivasi belajar dan meningkatkan kepercayaan diri siswa.

"Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah memberikan pelatihan ini. Anak-anak menjadi lebih berani dan percaya diri dalam berbicara. Ini adalah keterampilan yang sangat berharga bagi mereka," ujar Ibu Ellen.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi siswa SD N 02 Bulu, dan menjadi inspirasi bagi program-program pendidikan serupa di masa mendatang.

 

Penulis: Dwi Nov Adiyani (Ilmu Komunikasi/14040121120040)

DPL: Eva Annisaa', S.Farm., Apt., M.Sc.

Editor  : Khoirul Umam, A.Ma.Pust

Lokasi KKN: Desa Bulu, Kec. Banyuputih, Kab. Batang