Cegah Cybercrime, Mahasiswa Undip melatih siswa MTS melalui Pendidikan Penggunaan Internet dengan Bijak dan Aman Berdasarkan UU ITE

  • Aug 16, 2024
  • Admin Desa Bulu
  • KEGIATAN

Batang (27/7). Di era digital saat ini, penggunaan internet oleh anak-anak dan remaja semakin meningkat. Namun, tingginya penggunaan internet juga diiringi dengan risiko yang dapat mengancam keamanan dan kenyamanan pengguna, khususnya di kalangan anak-anak. Oleh karena itu, penting bagi generasi muda untuk memahami cara menggunakan internet secara bijak dan aman. Program ini dilaksanakan sebagai bagian dari KKN dengan tujuan untuk memberikan edukasi mengenai Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan penerapannya dalam penggunaan internet yang bijak.

Gilar Adi Nugroho mahasiswa Fakultas Hukum, sebagai salah satu Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) membuat program kerja monodisiplin terkait sosialisasi Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik namun dikemas dengan forum diskusi yang atraktif dan membuat penugasan berupa pembuatan konten video yang diupload di sosial media instagram. Tujuan Kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran siswa SMP tentang pentingnya penggunaan internet dengan bijak dan aman. Kedua memberikan pemahaman mengenai UU ITE dan relevansinya dalam kehidupan sehari-hari. Terakhir mengajarkan langkah-langkah praktis untuk menjadi pengguna internet yang cerdas dan bertanggung jawab.

Program "Pendidikan Penggunaan Internet dengan Bijak dan Aman" telah memberikan dampak positif dalam membentuk pola pikir dan sikap siswa SMP dalam menggunakan internet. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan untuk membekali generasi muda dengan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi pengguna internet yang cerdas dan bertanggung jawab.

Penulis : Gilar Adi Nugroho (11000121140575)

DPL : Eva Annisaa’, S.Farm., Apt., M.Sc

Editor : Khoirul Umam, A.Ma.Pust